Selasa, 21 Mei 2013

wanita berkerudung atau wanita berjilbab



Wanita Berkerudung atau Wanita Berjilbab

Dewasa ini kita bisa melihat wanita yang berkerudung lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Trend berkerudung yang semakin modern dan bermacam-macam model membuat orang tertarik untuk menggunakan kerudung. Namun sebenarnya arti berkerudung dan berjilbab itu perbedaan. Berkerudung artinya menutupi kepala semata-mata agar rambut yang disebut mahkota wanita itu tidak terlihat. Wanita yang berkerudung terkadang tidak memperhatikan hal-hal lain karena lebih fokus menutupi rambutnya. Sedangkan berjilbab artinya menutup aurat. Aurat di sini bukan berarti sekedar menutupi badan kita agar tidak terlihat kulitnya langsung tetapi tidak memperlihatkan lekuk tubuh yang dapat mengganggu nafsu kaum adam. Wanita adalah makhluk ciptaan Alloh SWT yang sangat dituntut untuk menutupi aurat. Perintah Alloh SWT terdapat dalam quran surat :  


Perintah untuk menutup aurat bagi wanita yang beriman tersebut ada di dalam Al Qur'an :
"Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, memelihara kemaluannya dan menutup kain kerudung ke dadanya. Janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka tau ayah mereka, atau ayah suami mereka atau anak-anak mereka."
(QS. An-Nur : ayat 31)
Description: C:\Users\Tobei\Downloads\imagesjk.jpg
QS. Al-A’raf: 26, “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”
Description: C:\Users\Tobei\Downloads\images.jpg
Kerudung atau jilbab seharusnya dapat menjadi alat kontrol untuk mengendalikan tingkah laku wanita. Wanita yang berjilbab harus malu dengan jilbabnya untuk berbuat tercela. Itulah salah satu yang dapat memikat perhatian dan ketertarikan kaum adam untuk lebih menghargai dan menghormati wanita berjilbab dibanding wanita tidak berjilbab. Terkadang saya dibuat jengkel dengan statement orang yang bilang “yang berkerudung aja kelakuannya kaya gitu”. Tanggapan saya kalo yang berkerudung aja kaya gitu apalagi yang ga pake kerudung, dengan tidak berkerudung aja udah menunjukkan kelakuan buruk yaitu ketidak patuhan dia terhadap Tuhannya. Nah yang lebihh penting lagi adalah kembali ke diri sendiri apa alasan utama seorang wanita itu menggunakan kerudung atau jilbab. Apakah hanya karena ikut-ikutan trend dengan tetap tidak menjaga kelakuannya, atau karena kesadaran akan perintah Alloh SWT untuk menutup aurat bagi wanita sholehah. Yah entahlah tapi semoga bagi wanita yang belum berkerudung diberi hidayah untuk segera menggunakan kerudung, dan bagi wanita yang sudah berkerudung hanya karena ikut-ikutan trend semoga mengganti kerudungnya dengan hijab yang lebih menutup aurat, sedangkan bagi wanita yang sudah terlihat cantik terutama di mata Alloh SWT dengan menggunakan jilbabnya semoga ditetapkan imannya untuk terus mempertahankan jilbabnya. Aamiin J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar